Menikmati Tantangan Susur Kali Oya

Berada di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta rasanya kurang lengkap bila tidak mencoba tantangan yang satu ini, yaitu susur Kali Oya. Dalam susur kali Oya ini kurang lebih kita akan menyusuri kali Oya sepanjang 1 km. Aktifitas ini biasaya merupakan salah satu rangkaian dari Cave Tubing Goa Pindul yang juga dikelola oleh Pokdarwis Desa Wisata Bejiharjo (Dewa Bejo). Oleh pengelola, wisatawan akan dibawa mengunakan mobil pick-up dari sekretariat Dewa Bejo di Gua Pindul menuju lokasi titik awal susur kali Oya dan akan dijemput pada titik akhir.

Seperti halnya dalam Cave Tubing Goa Pindul, aktifitas susur kali Oya ini juga tergolong aman karena wisatawan dilengkapi dengan perlengkapan pengaman dan selalu diikuti oleh pemandu. Cara yang dilakukan untuk susur Kali Oya pun juga sama dengan cave tubing Goa Pindul. Wisatawan hanya perlu duduk diatas ban dalam dengan dilengkapi rompi pelampung, helm, dan sepatu. Semua perlengkapan tersebut pun juga telah disediakan oleh pengelola.
Susur Kali Oya
(foto diambil dari onlysenja.wordpress.com)
Sebelum mencoba mungkin kita akan merasa takut, namun setelah masuk ke dalam kali kita pasti akan merasakan keasyikan yang luar biasa dan ingin mencoba lagi. Menyusuri kali Oya sepanjang 1 km, biasanya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 - 2 jam pada musim kemarau, karena aliran airnya tidak begitu deras. Pada musim kemarau kedalaman kali oya sekitar 12 km, sementara pada musim hujan dapat mencapai 15 - 17 km dan arusnya sangat deras. Jika kita berkunjung pada musim hujan, untuk menyusuri kali Oya hanya dibutuhkan waktu sekitar 45 menit, namun dibutuhkan kesiapan tenaga ekstra.

Keunikan menyusuri kali Oya, selain bisa menikmati indahnya bebatuan di kanan kiri kali serta aliran air yang berwarna jernih kehijau-hijauan pada musim kemarau (jika pada musim hujan, berwarna coklat keruh), juga bisa melihat air terjun yang unik. Air terjun ini merupakan muara aliran Sungai Pindul dengan aliran Kali Oya. Masyarakat sekitar menyebutnya Seling Indah, karena lokasi air terjun berada di wilayah Seling.
Seling Indah
(foto diambil dari onlysenja.wordpress.com)
Grojogan Sewu Kali Oya
(foto diambil dari kaskus.co.id)
Di Seling Indah atau grojogan sewu ini, wisatawan bisa berlama-lama menikmati derasnya air terjun yang cukup unik. Puas menikmati pesona kali Oya, kita akan diantar kembali ke sekretariat Dewa Bejo di Goa Pindul.

Yogyakarta, 15 Januari 2012
2 Responses
  1. Drina Says:

    Kamera gw nyemplung di kali ini dan hilang :'(

  2. Eka Says:

    aduh....semoga keasyikan dan kenangannya ga ikut hilang ya...

Posting Komentar

abcs