Sensasi Dingin Kawah Putih

Kawah putih merupakan sebuah danau kawah dari Gunung Patuha. Kawah putih terletak di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk mencapai tempat ini, kita bisa menuju ke terminal Leuwi Panjang. Dari terminal Leuwi Panjang kita bisa melanjutkan perjalanan dengan angkot menuju terminal Soreang (Leuwi Panjang - Soreang). Dari terminal Soreang perjalanan dilanjutkan dengan angkot menuju terminal Ciwidey (Soreang - Ciwidey). Nah, untuk sampai ke lokasi Kawah Putih, dari terminal Ciwidey ini kita bisa menggunakan jasa ojek atau mobil khusus yang akan mengantarkan kita menuju ke lokasi kawah putih.Namun, bila kita menggunakan mobil pribadi, cari saja arah menuju ke Soreang, atau bila dari luar kota kita bisa lewat tol dan keluar pintu tol Kopo. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk arah ke Ciwidey. Salah satu hal yang harus diperhatikan bagi pengendara adalah jalan yang sempit dan menanjak.

Sesampainya di lokasi retribusi kawah putih, kita memiliki dua alternatif pilihan, yaitu tetap membawa mobil dengan biaya Rp 100.000/mobil atau menggunakan jasa angkutan umum (ontang-anting) untuk naik ke lokasi kawah putih. Saya menyarankan, sebaiknya menggunakan jasa ontang-anting karena medan yang akan dilalui cukup berat dengan tikungan tajam dan tanjakan yang cukup terjal. Kita cukup memarkir mobil di lokasi retribusi dan cukup Rp 25.500/orang untuk bolak-balik naik dan turun. Biaya yang kita bayarkan tersebut sudah termasuk biaya masuk, ontang-anting dan parkir mobil. Untuk kembali turun dari lokasi kawah putih ke lokasi retribusi kita tidak perlu menggunakan ontang-anting yang sama dengan yang kita gunakan ketika naik, namun kita bisa menggunakan ontang-anting mana saja yang sudah siap turun.

Lokasi kawah putih yang terletak di atas puncak gunung menjadikan lokasi ini berhawa cukup dingin dan cenderung berkabut. Oleh karena itu, ada baiknya  bila berkunjung ke Kawah Putih jangan terlalu sore, karena kabut akan turun lebih tebal dan udara juga terasa semakin dingin. Obyek wisata ini buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 Jangan lupa pula membawa masker, karena bila uap belerang sedang naik bau belerang akan sangat menyengat. Namun, bila lupa membawa masker kita tak perlu khawatir karena banyak penjaja masker disana dengan harga Rp 2500 - Rp 3000 untuk satu masker.

Keindahan danau Kawah Putih memang sangat mempesona. Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan yaitu air di danau kawahnya bisa berubah warna, seperti hijau apel, kebiru-biruan bila cuaca terang terkena pantulan matahari, coklat susu, namun paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atasnya. Kawasan ini tidak jarang sebagai obyek untuk foto pre wedding karena pemandangannya yang eksotis.
Kawah Putih
Kawah Putih apa Hijau?? :p
Matahari di Kawah Putih
Mejeng di Kawah Putih :)
Puas menikmati keindahan alam kawah putih kita bisa berkunjung ke lokasi wisata lain yang terletak tidak jauh dari kawah putih yaitu Ranca Upas, Situ Patenggang atau cukup melepas lelah di pemandian air panas Walini. Bila belum tahu arah menuju lokasi wisata tersebut, kita cukup melihat peta yang dipasang di area kawah putih ini.
Ini dia petanya

Bandung, 29 Juni 2013
1 Response

Posting Komentar

abcs