Berburu Sunset di Parangtritis

Pantai Parangtritis memang layak menjadi salah satu primadona wisata di Kabupaten Bantul. Panorama pantai yang ditawarkan memang begitu luar biasa apalagi saat cuaca cerah dan saat matahari terbenam. Untuk mencapai pantai ini tidaklah sulit, dari Kota Yogyakarta kita bisa melalui Jalan Parangtritis dan terus berjalan ke arah selatan hingga sampai di TPR Pantai Parangtritis. Di TPR Pantai Parangtritis kita akan dipungut retribusi Rp 4750/orang.
Retribusi Tiket Masuk Parangtitis
Sebenarnya banyak alternatif rute menuju pantai ini, kita bisa melalui Jalan Bantul yang terletak di sebelah barat Jalan Parangtritis ataupun Jalan Imogiri yang terletak di sebelah timur Jalan Parangtitis. Namun, rute paling mudah tentu Jalan Parangtritis.
Awal tahun lalu saya bersama ibu dan adik sengaja menyepatkan diri berkunjung ke pantai ini. Banyak pilihan kegiatan yang bisa kita lakukan disana namun kami memilih untuk naik kereta kuda atau yang disebut bendi. Ada beberapa tarif rute bendi yang disediakan yaitu 1 putaran, ½ paket, 1 paket dan 2 paket. Setelah diberi penjelasan oleh kusir penyewa bendi akhirnya kami memilih rute 1 paket.
Tarif Rute Naif Bendi
Dengan memilih rute 1 paket ini kami diajak berkeliling pantai menggunakan kereta kuda mulai dari tempat kami menyewa dan diantarkan sampai tempat mobil kami diparkir. Dengan menaiki bendi kami berjalan berkiling pantai, menikmati panorama air terjun di tepi pantai hingga pantai Parangkusumo dengan candinya.
Air Terjun Tepi Pantai
Candi di Pantai Parangkusumo
Di lokasi air terjun di tepi Pantai Parangtritis ini biasanya pengunjung banyak berfoto ria disini. Karena memang pemandangan yang ada menarik sebagai lokasi foto. Selama kita menikmati keindahan panorama air terjun tersebut sambil mengabadikan kenangan dengan lensa kamera kita, para kusir penarik bendi akan setia menunggu.
Bendi-bendi Menunggu Penumpang
Selain itu, karena kami sengaja berkunjung ketika hari sudah sore dengan didukung oleh cuaca yang begitu cerah, kami pun dapat menikmati keindahan sunset disana.
Sunset di Parangtritis
Keberuntungan kami pun bertambah dengan cuaca cerah yang ada tersebut karena kami dapat melihat Gunung Merapi dari depan pelataran candi di Pantai Parangkusumo.
Merapi Terlihat dari Pantai Parangkusumo
 
Yogyakarta, Januari 2014
0 Responses

Posting Komentar

abcs