Berburu Batik di Sentra Batik Wijirejo

Berkunjung ke Yogyakarta rasanya tidak lengkap bila tidak membeli batik. Selama ini mungkin lokasi yang kita ketahui untuk membeli batik hanya di Malioboro, padahal ada lokasi lain tempat kita berburu batik, salah satunya di sentra batik Wijirejo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sentra batik Wijirejo terletak di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta menuju ke selatan melalui Jalan Bantul.Perempatan Ring Road Dongkelan lurus, pertigaan Kasongan masih lurus hingga ketemu Perempatan Klodran (Masjid Agung). Dari perempatan ini belok kanan, ikuti jalan aspal hingga ketemu perempatan Sindon, belok kanan. Dari sini jalan lebih sempit dan agak rusak. Sekitar 200 meter ada pertigaan, belok kiri (ikuti papan petunjuk ke arah Wijirejo). Ikuti jalan beraspal hingga ketemu pertigaan LP, belok kiri. Ikuti jalan beraspal hingga ketemu pertigaan dimana jalannya lebih lebar dan lebih halus. Disinilah sentra batik Wijirejo berada.
Denah Lokasi Sentra Batik Wijirejo
Di sentra batik Wijirejo ini, kita dapat menemukan beberapa kios batik milik pengrajin batik di daerah Wijirejo. Lokasi sentra batik yang agak jauh dari pusat kota ini menjadikan sentra batik Wijirejo ini tidak terlalu ramai. Namun, kondisi ini justru membuat kita lebih nyaman ketika memilih batik yang akan kita beli. Kios batik yang ada di sentra batik Wijirejo ini antara lain Batik Bu Dirjo, Batik Erisa, batik Sulastri, Batik Bu Topo, dan masih banyak lagi.

Batik yang ditawarkan di sentra batik ini juga beraneka ragam mulai batik tulis, batik cap hingga batik printing baik yang menggunakan pewarna alam maupun pewarna sintesis. Motif batik yang tersedia pun beragam mulai motif klasik hingga motif-motif modern hasil kreasi para pembatik di daerah ini. Selain menjual kain batik dalam bentuk potongan, disini kita juga dapat menemukan baju dengan berbagai jenis model. Disamping itu, para pemilik kios disini juga menawarkan jasa menjahit untuk kain batik yang dibeli di kios tersebut. Sehingga, bila kita tidak menemukan model dengan motif yang kita pas, kita dapat membeli kain batik dan menjahitkannya sesuai model yang kita kehendaki. Atau cukup membeli kain batik dan menjahitkannya di penjahit langganan kita. Selain itu, harga yang relatif murah juga menjadi daya tarik tersendiri dari sentra batik ini. Oleh karena itu, bila sedang berkunjung ke Yogyakarta, tidak ada salahnya bila meluangkan waktu untuk mampir di Sentra Batik Wijirejo.

Yogyakarta, Juli 2013
0 Responses

Posting Komentar

abcs